Pengaruh aspek Internasional terhadap keseimbangan suplay dan demand

Nama    : Erick. Latumeten

Npm      : 30208447

Kelas     : 1 DD 03

Tugas    : Ilmu Alamiah Dasar

PENGARUH  ASPEK  INTERNATIONAL TERHADAP KESEIMBANGAN SUPLAY DAN DEMAND

 

Sistem ekonomi internasional merupakan bagian dari sistem internasional yang terdiri atas berbagai macam praktek dan pranata ekonomi. Adanya Globalisasi dan perkembangan teknologi yang sangat pesat di bidang informasi dan komunikasi menyebabkan segala praktek dan pranata yang ada dalam sistem ekonomi internasional turut berkembang dengan pesat pula. Perkembangan ini membawa beberapa dampak seperti makin terintegrasinya pasar-pasar modal di seluruh dunia, serta perkembangan aliran barang dan modal yang semakin besar jumlahnya. Sehingga muncul golongan profesi baru dalam perekonomian yang memanfaatkan segala praktek dan pranata ini untuk mendapatkan keuntungan yang sebesar-besarnya.

Dalam hal ini suplay total (ST)  terdiri dari suplay dalam negeri (DN) atau domestik produk (PD) dan dengan suplay dari luar negri (LN), atau import (RC) sedangkan untuk demand total (DT) terdiri dari konsumsi dalam negeri atau domestik consolation (CD) dan demand dari luar negeri atau ekspor (X) dengan uraian diatas terbukti keseimbangan ekonomi nasional suatu Negara sangat dipengaruhi oleh ekonomi international yaitu import (N) sebagai suplay dan eksport (X) dan juga sebagai demand dari luar negeri.

Pengaruh ekonomi international melalui X dan M terhadap ekonomi nasional.

Dapat digambarkan kurvanya sebagai berikut :

 

 

 

 

 

 

 

 

Keterangan :

 

  1. bila import (N) naik, maka suplaky total dalam negeri akan bertabah sehingga kurva suplay total akan bergeser kekanan bawah(ST1).

Dalam hal ini bila demand tetap maka harga akan turun menjadi Q1, sedangkan titik keseimbangan bergeser dari E0 ke E1.

  1. sebaliknya bila demand luar negeri atau eksport (X) naik maka kurva demand akan bergeser kekanan atas (DT1).

Dalam hal ini bila suplay tetap maka harga akan naik menjadi P2  dan produksi dalam negeri akan aik menjadi Q2, sedangkan titik keseimbangan bergerser dari E0 ke E2.

  1. dengan demikian terbukti bahwa kegiatan ekonomi perdagangan internasional (X dan M) akan mempenaruhi ekonomi nasional melalui harga dan produksi dalam negeri

 

PENGARUH ASPEK INTERNATIONAL TERHADAP PENDAPATAN NATIONAL

 

Ditinjau dari perhitungan pendapatan nasional secara tioritis perhitungan pendapatan nasional berdasarkan pendekatan pengeluaran (experditure approach) dapat dirumuskan sebagai berikut :

 

 

 

GNP = Y = C + I + G + (X-M), atau

GNP = Y = C + E + G + (J-C)

Keterangan :

 

Y = income = pendapatan nasional

C = consumtion

I = Income

G = government

X-M = eksport dan import

Ketentuan :

  1. bila X-M > 0 maka X  > M, ini berarti saldo X netto positif atau posisi neraca perdagangan luar negeri sehingga Y (income) naik dan berarti pula GNP akan naik.
  2. Sebaliknya bila X-M < 0, maka X< M, ini berarti saldo X netto negative atau posisi neraca perdagangan luar negeri deficit sehingga Y (income) turun dan berarti pula GNP akan turun.

Dari rumusan perhitungan pendapatan nasional diatas dapat dikatakan bahwa semakin besar perubahan (X-M) maka semakin besar pul;a pengaruh ekonomi international terhadap ekonomi nasional suatu Negara. Ini menunjukan perekonomian Negara tersebut terbuka (Open Economy).

 

PENGARUH ASPEK INTERNATIONAL TERHADAP ASPEK MIKRO PERUSAHAAN.

 

Ditinjau dari aspek mikro pengaruh ekonomi international khususnya keuangan international dapat diuraikan sebagai berikut :

  1. perusahaan memerlukan input baik dari dalam maupun luar negeri, variable biaya input (corperation cost ) adalah P atau price dan Q adalah quantity, input yang digerakan secara langsung maupun tidak langsung akan dipengaruhi oleh fluktuasi kurs valas atau ( pirex rate )

 

 

  1. sebaliknya perusahan akan  memasarka produknya didalam maupun ,diluar negeri, variable yang menentukan besarnaya revenue yang akan diperoleh adalah P dan Q produk yang dihasilkan dan terjual. Inipun akan dipengaruhi oleh fluktuasi kurs valas atau ( foreigh rate ).
  2. Tingkat keuntungan atau profit perusahaan akan ditentukan oleh selisih antara total revenue dan total cost maka secara makro ekonomi baik langsung maupun tidak langsung, ekonomi dan keuangan international berpengaruh terhadap perusahaan.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: