Laju Inflasi di Indonesia

Nama    : Erick. Latumeten

Npm      : 30208447

Kelas     : 1 DD 03

Tugas    : Ilmu Alamiah Dasar

Inflasi dan Perekonomian Indonesia


Inflasi dan perekonomian Indonesia sangat saling berkaitan. Apabila tingkat inflasi tinggi, sudah dipatikan akan mempengaruhi pertumbuhan ekonomi, dimana akan melambatnya laju pertumbuhan ekonomi.

Inflasi dan perekonomian

Inflasi

Bulan dan tahun Tingkat inflasi
Juli 2009 2.71 %
Juni 2009 3.65 %
Mei 2009 6.04 %
April 2009 7.31 %
Maret 2009 7.92 %
Februari 2009 8.60 %
Januari 2009 9.17 %
Desember 2008 11.06 %
November 2008 11.68 %
Oktober 2008 11.77 %
September 2008 12.14 %
Agustus 2008 11.85 %
Juli 2008 11.90 %

Data inflasi dari inflasi CPI_Bank Republik Indonesia.

Inflasi di Indonesia diumpamakan seperti penyakit endemis dan berakar di sejarah. Tingkat inflasi di Malaysia dan Thailand senantiasa lebih rendah. Inflasi di Indonesia tinggi sekali di zaman Presiden Soekarno, karena kebijakan fiskal dan moneter sama sekali tidak prudent (“kalau perlu uang, cetak saja”). Di zaman Soeharto pemerintah berusaha menekan inflasi – akan tetapi tidak bisa di bawah 10 persen setahun rata-rata, antara lain oleh karena Bank Indonesia masih punya misi ganda, antara lain sebagai agent of development, yang bisa mengucurkan kredit likuiditas tanpa batas. Baru di zaman reformasi, mulai di zaman Presiden Habibie maka fungsi Bank Indonesia mengutamakan penjagaan nilai rupiah. Tetapi karena sejarah dan karena inflationary expectations masyarakat (yang bertolak ke belakang, artinya bercermin kepada sejarah) maka “inflasi inti” masih lebih besar daripada 5 persen setahun.

Bulan dan tahun Pertumbuhan ekonomi
Maret 2006 15.74 %
Juni 2006 15.53 %
September 2006 14.55 %
Desember 2006 6.60 %

Data pertumbuhan ekonomi dari

Inflasi  CPI- Bank Republik Indonesia.

Perekonomian

Tanda-tanda perekonomian mulai mengalami penurunan adalah ditahun 1997 dimana pada masa itulah awal terjadinya krisis. Saat itu pertumbuhan ekonomi Indonesia hanya berkisar pada level 4,7 persen, sangat rendah dibandingkan tahun sebelumnya yang 7,8 persen. Kondisi keamanan yang belum kondusif akan sangat mempengaruhi iklim investasi di Indonesia. Mungkin hal itulah yang terus diperhatikan oleh pemerintah. Hal ini sangat berhubungan dengan aktivitas kegiatan ekonomi yang berdampak pada penerimaan negara serta pertumbuhan ekonominya. Adanya peningkatan pertumbuhan ekonomi yang diharapkan akan menjanjikan harapan bagi perbaikan kondisi ekonomi dimasa mendatang.

Bagi Indonesia, dengan meningkatnya pertumbuhan ekonomi maka harapan meningkatnya pendapatan nasional (GNP), pendapatan persaingan kapita akan semakin meningkat, tingkat inflasi dapat ditekan, suku bunga akan berada pada tingkat wajar dan semakin bergairahnya modal bagi dalam negeri maupun luar negeri.

Namun semua itu bisa terwujud apabila kondisi keamanan dalam negeri benar-benar telah kondusif. Kebijakan pemerintah saat ini didalam pemberantasan terorisme. serta pemberantasan korupsi sangat turut membantu bagi pemulihan perekonomian. Pertumbuhan ekonomi yang merupakan salah satu indikator makro ekonomi menggambarkan kinerja perekonomian suatu negara akan menjadi prioritas utama bila ingin menunjukkan kepada pihak lain bahwa aktivitas ekonomi sedang berlangsung dengan baik pada negaranya.

 

 

 

Pendapat / saran :

Dengan adanya perkembangan dari segi otoritas pemerintahan dari masa ke masa, khususnya mengenai Perkembangan perekonomian di Negara Indonesia yang pada masa pemerintahan bapak Presiden Soekarno, bangsa Indonesia belum mampu menangani masalah ekonomi yang pada saat itu system pertumbuhan ekonomi masih bersifat interen. Yang artinya peredaran mata uang masih sangat besar (luas), apalagi dalam melakukan transaksi antara pembeli dengan penjual, mereka menggunakan system Barter dimana agar mereka yang mempunyai hasil pokok pada pertanian (padi) bias menukarnya dengan barang yang mereka iniginkan. Dan juga tidak lepas dari transaksi itu bangsa Indonesia masih menggunakan alat pembayaran seperti, logam mulia, emas,perak dan barang berharga lainnya.

Dengan adanya dampak inflasi pada suatu bangsa, khsusnya bangsa Indonesia yang pada kurun waktu tertentu, maka harus adanya penanganan dari pemerintahan agar dapat mengontrol perekonomian bangsa Indonesia, yaitu pada peredaran uang dimasyarakat umum. Tangani kecurangan dalam penyalahgunaan kekuasaaan yang menjurus kedampak ekonomi Negara Indonesia, dan juga dari segi hukum pemerintahan kekuasaan Negara Indonesia dan setelah baru penanganan terhadap masyarakat Indonesia sendiri, apakah mereka mampu dan menahan diri agar tidak tergoda dengan kentalnya bau uang yang seharusnya itu untuk kesejahteraan bangsa Indonesia sendiri, bukan untuk kesenangan pribadi dan berlimpahan materi.

 

Nara sumber :

Searching google.id.wikipedia.org/wiki/inflasi_dan_perekonomian_indonesia

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: